Mencuci Boneka dengan Mesin Cuci, Ini Tips dan Trik nya!

Bonekaku-artikel-mei-1

Bagi Anda yang hobi mengoleksi boneka, atau yang anaknya sangat suka bermain boneka, atau bahkan bagi Anda yang memiliki toko boneka dan ingin produknya selalu bersih, pasti kebingungan saat akan mencuci boneka yang begitu banyak, ya? Bukan hanya akan menguras tenaga, namun juga akan menguras waktu jika mencucinya dengan menggunakan tangan. Jika menggunakan jasa laundry, harga yang harus dibayarkan akan cukup menguras dompet untuk banyak boneka.

Ingin rasanya mencuci boneka-boneka tersebut dengan mesin cuci, tapi.. apakah tidak akan merusak kualitas boneka? Jawabannya tidak, jika Anda mengikuti beberapa tips dan trik mencuci boneka dengan mesin cuci berikut ini. Jadi, simak baik-baik ya!

Lepas Pakaian dan Aksesoris Boneka

Cara yang pertama untuk menjaga boneka Anda tetap aman meski dicuci menggunakan mesin cuci adalah dengan melepas pakaian dan aksesori boneka terlebih dahulu. Hal ini dilakukan guna menghindari boneka terlilit pakaian/aksesori boneka itu sendiri atau boneka lain yang dicuci bersamaan.

Jahit Lubang di Boneka (Jika Ada)

Jika Anda, adik, atau anak Anda memiliki boneka-boneka kesayangan yang sudah berumur cukup lama, baiknya cek kondisi boneka sebelum dicuci dengan mesin cuci. Jika ada bagian yang sobek dari cover boneka, atau ada bagian yang lepas (seperti mata atau hidung), maka jahitlah terlebih dahulu bagian-bagian tersebut untuk menghindari isian boneka berceceran saat dicuci dengan mesin cuci.

Pisahkan Mencuci Aksesori dan Pakaian Boneka

Setelah dilepaskan dari boneka, baiknya aksesori atau pakaian boneka dicuci secara terpisah. Jika Anda memiliki kantung binatu, masukan semuanya ke dalam kantung tersebut. Namun jika tidak, Anda bisa membungkusnya terlebih dahulu dengan kain sebelum dimasukan ke dalam mesin cuci.

Gunakan Detergen Cair

Pemilihan detergen juga penting dalam mencuci boneka. Detergen bubuk biasanya akan meninggalkan bekas berupa bintik-bintik putih pada permukaan kain. Oleh sebab itu, baiknya gunakan detergen cair saat Anda akan mencuci boneka dengan mesin cuci, sehingga kualitas bahan boneka tetap terjamin. Terutama bagi Anda yang akan menjual kembali boneka-boneka tersebut.

Keringkan di Ruang Terbuka

Jika sudah selesai mencuci boneka dengan mesin cuci, jangan gunakan mesin pengering. Sebaiknya keringkan boneka di udara terbuka atau tempat yang terkena sinar matahari. Hal ini untuk mencegah boneka terkoyak atau melar. Selain itu, juga dapat menghindarkan boneka dari jamur atau bau apek.

Jangan Jemur Sembarangan!

Terakhir, jangan jemur boneka sembarangan. Hindari menjemur boneka dengan penjepit atau digantungkan di tali jemuran. Sebaliknya, simpan boneka di permukaan yang bersih dan terkena matahari. Hal ini agar boneka-boneka Anda tidak melar setelah dicuci dan agar air tidak menumpuk di bagian dasar boneka.
Nah, itulah beberapa tips dan trik mencuci boneka dengan mesin cuci dari Bonekaku. Ingin tahu tips dan trik lainnya? Ikuti media sosial kami di @bonekaku_store dan kunjungi website kami https://bonekaku.co.id/ untuk melihat katalog boneka-boneka, beanbag, bantal, dan totebag terbaru.

Baca juga :

5 Tempat Penyimpanan Boneka Agar Terlihat Rapih

Cara Merawat dan Mencuci Boneka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *